Peran Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Di SMK Muhammadiyah Suruh Tahun 2018/2019

Mulyani, Emi (2018) Peran Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Di SMK Muhammadiyah Suruh Tahun 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi interpersonal dalam pembelajaran merupakan elemen yang sangat krusial pada proses pembelajaran. Proses komunikasi interpersonal dalam pembelajaran tersebut akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah Suruh masih didapati siswa yang kesulitan dalam berkomunikasi, sehingga sangat berpengaruh pada partisipasi dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana peran komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Suruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini adalah dengan cara menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, mengorganisasikan ke dalam data kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami. Analisis data dilakukan dengan metode analisis yang bersifat deskriptif-kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran komunikasi interpersonal dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Suruh tahun 2018/2019 yaitu komunikasi interpersonal yang terkait dengan proses pembelajaran. Setiap siswa diberi kesempatan untuk ikut serta di dalam kegiatan kelas sesuai dengan kemampuan masing-masing. Faktor penunjang yang mempengaruhi peran komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam meningkat hasil belajar siswa yaitu: adanya dukungan dari orang tua atau keluarga, adanya dukungan dari guru dan sekolah, adanya semangat, kemauan, motivasi yang kuat, adanya rasa percaya diri, adanya keaktifan. Adapun faktor penghambat dalam peran komunikasi interpersonal dapat meningkatkan hasil belajar yaitu: kurangnya keterbukaan antara guru dan siswa, beban yang dimiliki siswa di luar beban sekolah, kurangnya motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:54
Last Modified: 30 Oct 2018 03:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item