Saputri, Rima Umi (2018) Peingkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Sugesti Imajinasi Materi Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V MI Sukorejo 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
complite skripsi 1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas pada siswa kelas V MI Sukorejo 02 kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode sugesti imajinasi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas pada siswa kelas V MI Sukorejo 02 kecamatan Suruh kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Dari pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Keriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas pada siswa kelas V MI Sukorejo 02 Suruh, Semarang tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode pembelajaran sugesti imajinasi 33,33% (7 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolahan yaitu 70, sedangkan 66,67% (14 siswa) belum memenuhi KKM. Pada siklus I mengalami peningkatan yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 61,90% (13 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 70,45 sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 95,23% (20 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 83,80. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,33%. Berdasarkan dari hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode sugesti imajinasi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas V MI Sukorejo 02 kecamatan Suruh kabupaten Semarang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 03:58 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 03:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4534 |
Actions (login required)
View Item |