Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran The Learning Cell pada Siswa Kelas IV MI Ma’Arif Candirejo kec. Tuntang kab. Semarang Tahun Ajaran 2018/2019

WULANDARI, DESYA AYU (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran The Learning Cell pada Siswa Kelas IV MI Ma’Arif Candirejo kec. Tuntang kab. Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar Matematika di MI Candirejo kec. Tuntang kab. Semarang masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 60. Hal ini dikarenakan penyampaian materi pelajaran oleh guru yang monoton sehingga kurang menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran the learning cell dapat meningkatkan hasil belajar matematika bilangan pecahan pada kelas IV MI Ma’Arif Candirejo, kec. Tuntang kab. Semarang tahun ajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika bilangan pecahan melalui model pembelajaran the learning cell pada siswa kelas IV MI Ma’Arif Candirejo kec. Tuntang kab. Semarang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI MA’Arif Candirejo kec. Tuntang kab. Semarang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yan digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran the learning cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika materi bilangan pecahan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Yaitu pada nilai rata-rata kelas dan juga persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra-siklus, diperoleh dari data 31 siswa, ternyata yang tuntas belajar hanya 8 siswa, sedangkan 23 siswa dinyatakan belum tuntas, dengan diperoleh rata-rata 45,8 dan persentase ketuntasan hanya mencapai 25,8%. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa, dengan nilai rata-rata sebesar 67,4 dan persentase ketuntasan mencapai 77,4%. Dan pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 29 siswa dengan nilai rata-rata 78,7 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 93,5%. Dengan demikian, ketuntasan belajar siswa kelas IV MI Ma’Arif Candirejo kec. Tuntang kab. Semarang dalam pembelajaran matematika materi bilangan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran the learning cell mencapai lebih dari 85%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:07
Last Modified: 31 Oct 2018 03:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4559

Actions (login required)

View Item View Item