PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI SEJARAH PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MADINAH DENGAN METODE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS VII G SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Chuzaini, Muhammad (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI SEJARAH PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MADINAH DENGAN METODE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS VII G SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peserta didik satu dengan yang lain yaituberbeda-beda, sehingga diperlukan motodepembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Ada banyak metode belajar yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Salah satunya yaitu metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang pembelajarannya mengedepankan pada aktifitas dan interaksi untuk memotivasi peserta didik saling membantu menguasai dan memahami materi pembelajaran agar dapatmencapai prestasiyang maksimal. Penelitian bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI materi Sejarah perjuangan nabi Muhammad saw periode Madinah dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD)pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian yang digunakan adalah Metode observasi peneliti gunakan untuk mendapatkan data mengenai keadaan kelas, suasana pembelajaran, dan keaktifan peserta didik. Metode dokumentasi peneliti gunakan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi lingkungan sekolah, dan hal-hal lain yang mendukung hasil penelitian.Metode tes peneliti gunakan untuk mendapatkan data yang berupa nilai kognitf peserta didik baik berupa tes lisan maupun tertulis. Penelitian dapat dilihat pada peningkatan setiap siklusnya yaitu pada pra siklus ketuntasan belajar klasikal sebesar 40.74%, setelah dilaksanakan metode Student Teams Achievement Devision (STAD) pada siklus I nilai ketuntasan belajar klasikal mencapai 59.25%, dan pada siklus II mencapai 88.88%.Nilai rata-rata pra siklus sebesar 70.18, siklus I sebesar 72.77, siklus II sebesar 78.88. Dari nilai rata-rata pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan 2.59, siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 6.11. berdasarkan peningkatan Prosentasi ketuntasan belajar peserta didik setiap siklus. Dari pra siklus ke siklus I sebanyak 18.51%, siklus I ke siklus II sebanyak 29.63%. Maka dapatdisimpulkan bahwa penerapan metodeStuden Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar PAI pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Tuntang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:38
Last Modified: 31 Oct 2018 03:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4570

Actions (login required)

View Item View Item