Astuti, Rahayu (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Pengelolaan Wakaf dengan Metode Role Playing pada Siswa Kelas X MIPA di SMA N 1 Suruh Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI FIKS.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam, dan secara umum permasalahan penelitian ini adalah ``Apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi pengelolaan wakaf pada siswa kelas X MIPA di SMA N 1 Suruh tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan metode role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Suruh yang berjumlah 30 siswa meliputi 8 siswa laki-laki dan 22 siswi perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru dan siswa, seta soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 19%. Dapat diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 64% dan pada siklus II 83%. Dan untuk siswa yang belum tuntas belajar pada siklus II akan diberikan tindakan mandiri dari guru berupa remidian. Diharapkan hasil belajar siswa dapat tuntas semua
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 03:55 |
Last Modified: | 31 Oct 2018 03:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4575 |
Actions (login required)
View Item |