Akhirina, Luhfi (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Mengenal Uang Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas III MI Klumpit, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI Luthfi Akhirina.pdf Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Kumpit, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, hanyamenggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi. Sehingga metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran kurang meningkatkan hasil belajar IPS. Perlu Partisipasi siswa dalam kegiatan lain seperti bertanya, mengerjakan latihan, mengadakan diskusi, maju kedepan kelas, serta mengeluarkan ide atau gagasan. Dengan menerapkan metode picture And picture jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif, yang mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil pengamatan dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun perbaikan hingga tiga siklus, sedangkan observasi, dokumentasi, dan tes formatif digunakan teknik pengumpulan data penelitian. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat diperoleh bahwa hasil belajar siswa dari siklus I yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa atau 68,42%, pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau 78,94%, dan pada siklus III yang mencapai KKM 18 siswa atau 94,73%, jadi pada siklus III ini sudah mencapai ≥ 85% dari KKM yang telah ditentukan . Dapat disimpulkan bahwa metode Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mengenal uang. Selain peningkatan hasil belajar keaktifan, minat dan perhatian siswa juga meningkat dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 03:58 |
Last Modified: | 31 Oct 2018 03:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4576 |
Actions (login required)
View Item |