Rosidah, Rosidah (2018) Pengembangan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce dengan Media Tutup Botol Hias di BA Aisyiyah Repaking Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Rosidah jadi.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan meronce dengan media tutup botol hias dapat mengembangkanfisik motorik halus anak di kelompok A BA Aisyiyah RepakingKecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2017/2018?. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan meronce dengan media tutup botol hias dapat mengembangkan fisik motorik halus di kelompok A BA Aisyiyah Repaking Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian sebagai berikut: Pra-siklus terdapat 17 siswa (56,66%) yang tuntas dan 13 siswa (43,33) yang belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 58,8. Meningkat pada Siklus I terdapat 23 siswa (76,66%) yang tuntas dan 7 siswa (23,33%) yang belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 69,7. Meningkat lagi pada Siklus II terdapat 29 siswa (96,66%) yang sudah tuntas dan 1 siswa (3,33%) yang belum tuntas dengan nilai-rata kelas 91
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu murni |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2018 06:43 |
Last Modified: | 31 Oct 2018 06:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4589 |
Actions (login required)
View Item |