Niswah, Anissatun (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
!! skripsi full.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan terdapat dampak positif dan negatifnya. Untuk dampak negatif diantaranya adalah mulai adanya degradasi moral serta disorientasi hidup akibat rendahnya jiwa spiritualitas seseorang. Semua hal diukur melalui materi dan akal. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengupas nilai-nilai pendidikan spiritual. Dalam kesempatan ini, peneliti menggunakan novel sebagai medianya. Sehingga tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan spiritual dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Serta relevansinya dalam pendidikan agama Islam. Untuk menyelesaikan penelitian ini peneliti menggunakan metode metode deskriptif analisis. Peneliti menginterpretasikan nilai-nilai pendidikan spiritual yang terkandung dalam novel Bidadari Bermata Bening dengan rujukan dari literatur perpustakaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yakni mencari data dari berbagai sumber baik yang sifatnya resmi maupun pribadi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan spiritual yang terkandung dalam novel Bidadari Bermata Bening terdapat 20 nilai. Dimana nilai-nilai tersebut terefleksi dari 99 asmaul husna. Ke-20 nilai tersebut yakni nilai sifat penyayang, amanah, memberi keamanan untuk orang lain, sifat rendah hati, memberi, perintis atau pelopor, sabar dalam kesempitan, syukur kepada Allah Swt., peduli, bijaksana, waspada dan berhati-hati, suka berterima kasih, memelihara kesucian hati, teliti dan cermat, dermawan, motivator, tawakkal, melindungi, khusyuk, team work atau kerja sama. Nilai-nilai tersebut dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan spiritual tersebut juga sangat relevan dengan pendidikan agama Islam masa kini. Dengan pendidikan spiritual Pendidikan Islam tidak hanya berupa penyampaian materi saja. Namun juga dapat mempraktikkan dengan benar sesuai ajaran Islam, baik itu ajaran yang berhubungan dengan manusia maupun berhubungan dengan Allah Swt. Selain itu diharapkan dengan nilai-nilai pendidikan spiritual, orientasi substansial dan esensial pendidikan dapat berjalan seimbang. Serta peserta didik benar-benar menjadi insan kamil atau insan yang sempurna
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 02:39 |
Last Modified: | 05 Nov 2018 02:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4625 |
Actions (login required)
View Item |