Kompetensi Guru Perspektif Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Klitikan Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018

Maftuhah, Arina (2018) Kompetensi Guru Perspektif Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Klitikan Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi PDF.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini adalah tentang kompetensi guru (kelas) menurut perspektif peserta didik. Latar belakangnya merupakan kajian dari kompetensi guru yang ideal. S tudi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang profil guru yang ideal perspektif peserta didik di MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan. Permasalahan pada skripsi ini dibahas melalui pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan. data-data diperoleh melalui wawancara (dengan peserta didik, guru, dan kepala sekolah), observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik: (1) observasi. (2) wawancara (interview). (3) dokumentasi yang digunakan untuk menggambarkan, melukiskan, menuturkan data yang sifatnya adalah kualitatif yang diperoleh dari pengumpulan data. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Reduksi Data (Data Reduction) dan Penyajian Data (Display) yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan peserta didik kelas 4 wawancara dengan tiga peserta didik, kelas 5 wawancara dengan enam peserta didik, dan kelas 6 wawancara dengan dua peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru menurut perspektif peserta didik di MI Tarbiyatus Sibyan Klitikan dapat digambarkan melalui kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, yaitu: (1) kompetensi pedagogik adalah seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. (2) kompetensi sosial adalah seorang guru harus bisa bekerja sama dengan baik antara guru dengan peserta didik, guru dengan guru lain, dan guru dengan masyarakat. (3) kompetensi profesional adalah guru yang mampu mengajar berdasarkan silabus dan RPP akan tetapi selain menggunakan keduanya pembelajaran berdasarkan pengalaman positif seorang guru. (4) kompetensi kepribadian/personal adalah guru yang memiliki sifat adil, mampu menjadi teladan peserta didik, sportif, serta guru yang berakhlak mulia yang didambakan peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:10
Last Modified: 05 Nov 2018 08:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4641

Actions (login required)

View Item View Item