PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ALAT-ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN PENAMBAHAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS 5 MI SRUWEN IV

Cahyani, Luqita (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ALAT-ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN PENAMBAHAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS 5 MI SRUWEN IV. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Luqita CAhyani_11510076.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam menigkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Sruwen IV pada mata pelajaran IPA materi alat-alat pencernaan manusia tahun pelajaran 2014/2015. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan penambahan permainan puzzle pada mata pelajaran IPA materi alat-alat pencernaan manusia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 di MI Sruwen IV, dan apakah penerapan metode tersebut dapat memenuhi target pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)? Guna menjawab pertanyaan tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui tiga tahapan, yakni tiga kali siklus penelitian. Pada setiap siklus, terdapat rangkaian kegiatan yang terdiri dari: 1)Perencanaan, untuk mengidentifikasi masalah, merencanakan tindakan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian, 2)Pelaksanaan Tindakan, melaksanakan tindakan pembelajaran pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Alat-alat pencernaan manusia, 3) Observasi, pengambilan data dan hasil dari tes dan lembar pengamatan, 4) Refleksi, memproses data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adala seluruh siswa kelas 5 MI Sruwen IV yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki, dan 8 siswi perempuan. Penelitian ini menerapkan metode kooperatif tipe TPS dengan menambahkan permainan puzzle pada saat pembelajaran IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe TPS dengan penambahan permainan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas 5 MI Sruwen IV, yang dapat dilihat berdasarkan peningkatan prestasi belajar siswa yang mencapai KKM dari siklus I yakni sebanyak 11 anak atau sebesar 68,75%, meningkat pada siklus II yakni 13 anak atau sebesar 81,25%, dan meningkat lagi pada siklus ke III yakni 14 anak atau sebesar 87,5%. Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada pendidik untuk aktif dan kreatif dalam mengembangkan metode belajar untuk menciptakan pembelajaran yang bervariasi dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 03:18
Last Modified: 23 Feb 2016 03:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item