Supardi, Supardi (2016) Pengembangan Kurikulum Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Uin Sunan Ampel Surabaya dan IAIN Salatiga: Studi Perbandingan Pengembangan Kurikulum dari Perspektif Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Project Report. IAIN Salatiga, Salatiga.
Text
pengembangan kurikulum BSA.baru.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkomparasikan pengembangan kurikulum jurusan bahasa dan Sastra Arab di UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan IAIN Salatiga. Metode Penelitian adalah deskriptif kualitataif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Pengembangan kurikulum jurusan BSA UIN Sunan Kalijaga berdasarkan KBK walaupun dari sisi silabi mata kuliah telah mengarah pada KKNI dan bertolak dari paradigma integrasi interkoneksi sesuai dengan visi misi UIN Sunan Kalijaga, sementara di UIN Surabaya juga masih berbasis KBK. Di iain salatiga pengembangan kurikulumm yang ada masih berbasis KBK Dan baru mengarah pada KKNI; Kedua, Persamaan pengembangan kurikulum di tiga lembaga tersebut adalah pada penetapan profile lulusan utamanya yaitu sebagai ahli bahasa pemula atau linguist, peneliti bahasa sastra dan penterjemah, sementara perbedan terletak pada penetapan profle tambahan yaitu sebagai jurnalis, manager biro haji dan umrah untuk IAIN Salatiga, guru bahasa arab untuk UIN Surabaya. Ketiga, IAIN Salatiga perlu mengembangkan kurikulum berdasarkan KKNI dengan menetapkan profile lulusan yang lebih jelas, capaian pembelajaran, dan bahan kajian dan mata kuliah yang sesuai dan mendukung profile lulusan yang ditetapkan. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum,, BSA, KKNI
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 00:54 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 00:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4740 |
Actions (login required)
View Item |