ANALISIS MARKETING MIX SYARIAH DI KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA TUGAS AKHIR

Anggraeni, Putri (2019) ANALISIS MARKETING MIX SYARIAH DI KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA TUGAS AKHIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TA PUTRI ANGGRAENI 64010150039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anggraeni, Putri. 2018. Analisis Marketing Mix Syariah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi D III Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Ari Setiawan, M.M Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya strategi pemasaran yang baik di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera, walaupun memiliki 3 kantor cabang namun belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan KSPPS BMT Mandiri Sejahtera. Pihak manajemen dituntut untuk menggunakan strategi pemasaran dengan menerapkan marketting mix syariah yang baik dan dapat dijadikan alat untuk memasarkan atau memberitahu informasi tentang KSPPS BMT Mandiri Sejahtera kepada masyarakat. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak KSPPS BMT Mandiri Sejahtera dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang diperoleh menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan marketting mix syariah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera sudah 80% terlaksana sesuai syariah, sisanya terkendala dengan sistem teknologi karena kurangnya modal dan tenaga ahli, dan belum adanya brand khusus supaya BMT mudah diingat oleh masyrakat. Hambatan lainnya yaitu hambatan dalam pengelolaan, managemen, menentukan akad, menjelaskan istilah dibenak masyarakat, banyaknya anggota yang mengalami pembiayaan macet, dan persaingan antar lembaga keuangan syariah. Upaya untuk mengatasinya adalah dengan memberikan arahan dan dorongan kepada karyawan supaya lebih semangat dalam bekerja, melakukan pelatihan, melakukan survey kepada calom pembiayaan, lebih disiplin, menciptakan inovasi baru terhadap produk, dan mencari investor untuk menanamkan modalnya. Kata Kunci:Marketting Mix, Syariah, KSPPS BMT Mandiri Sejahtera ? Anggraeni, Putri. 2018. Analisis Marketing Mix Syariah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi D III Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Ari Setiawan, M.M Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya strategi pemasaran yang baik di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera, walaupun memiliki 3 kantor cabang namun belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan KSPPS BMT Mandiri Sejahtera. Pihak manajemen dituntut untuk menggunakan strategi pemasaran dengan menerapkan marketting mix syariah yang baik dan dapat dijadikan alat untuk memasarkan atau memberitahu informasi tentang KSPPS BMT Mandiri Sejahtera kepada masyarakat. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak KSPPS BMT Mandiri Sejahtera dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang diperoleh menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan marketting mix syariah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera sudah 80% terlaksana sesuai syariah, sisanya terkendala dengan sistem teknologi karena kurangnya modal dan tenaga ahli, dan belum adanya brand khusus supaya BMT mudah diingat oleh masyrakat. Hambatan lainnya yaitu hambatan dalam pengelolaan, managemen, menentukan akad, menjelaskan istilah dibenak masyarakat, banyaknya anggota yang mengalami pembiayaan macet, dan persaingan antar lembaga keuangan syariah. Upaya untuk mengatasinya adalah dengan memberikan arahan dan dorongan kepada karyawan supaya lebih semangat dalam bekerja, melakukan pelatihan, melakukan survey kepada calom pembiayaan, lebih disiplin, menciptakan inovasi baru terhadap produk, dan mencari investor untuk menanamkan modalnya. Kata Kunci:Marketting Mix, Syariah, KSPPS BMT Mandiri Sejahtera

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:14
Last Modified: 23 Jan 2019 10:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4882

Actions (login required)

View Item View Item