PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V MI KLUMPIT KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Maarif, Wldan Setia (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS V MI KLUMPIT KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Wildan Setia Maarif_11510005.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa masih rendahnya prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas V MI Klumpit, Karanggede, Boyolali. Oleh karena itu guru di harapkan untuk mencoba suatu metode yang efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah metode Card Sort. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi yang di peroleh peserta didik setelah di terapkannya metode Card Sort serta faham pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V MI Klumpit, Karanggede, Boyolali. Masalah utama yang ingin di jawab dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas V MI Klumpit, Karanggede, Boyolali?. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tin dakan Kelas dengan menggunakan metode Card Sort. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V MI Klumpit, Kec. Karanggede, Kab. Boyolali. Data penelitian ini di ambil melalui pemberian tes formatif untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dengan materi pokok memahami kebebasan berorganisasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di peroleh bahwa dengan menggunakan metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar PKn bagi siswa kelas V MI Klumpit, Kec. Karanggede, Kab. Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini di tunjukkan berdasarkan dari ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebanyak 10 siswa (55,6%), siklus II sebanyak 15 siswa (83,3%) dan siklus III sebanyak 18 siswa (100%). Sedangkan pencapaian nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 71,66, pada siklus II adalah 79,72 dan pada siklu III adalah 88. Dari rata-rata tersebut berarti terdapat kenaikan 8 poin dari siklus I menuju siklus II dan terdapat kenaikan 8,28 poin dari siklus II menuju siklus III

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 06:36
Last Modified: 23 Feb 2016 06:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item