UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TULANG NAPIER PADA SISWA KELAS IV SDN SIDOREJO LOR 06 KOTA SALATIGA 2014

Fakhroni, Ahmad Alfiyan (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TULANG NAPIER PADA SISWA KELAS IV SDN SIDOREJO LOR 06 KOTA SALATIGA 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ahmad Alfiyan Fakhroni_11510055.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Banyak siswa di SDN Sidorejo Lor 06 mengangap mata pelajaran matematika itu sulit sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar mereka. Untuk itu penulis menerapkan pembelajaran matematika pada operasi hitung perkalian menggunakan alat peraga tulang napier agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas IV SDN Sidorejo Lor 06 Kota Salatiga. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes formatif. Sedangkan untuk analisanya menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tes individu pada post tes siklus I sebesar 33,3% atau sebanyak 10 siswa dari 33 siswa dinyatakan lulus pada standar KKM individu/kelas. Sedangkan yang gagal 23 siswa atau sebesar 69,7%. Sedangkan pada standar KKM nasional/ideal 12,1% atau 4 siswa dinyatakan lulus dan yang gagal sebanyak 29 siswa atau 87,9%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan alat peraga tulang napier selama 2 siklus. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 75,8% atau sebanyak 25 siwa dari 33 siswa yang dinyatak lulus pada standar KKM individu/kelas, sedangkan yang gagal sebanyak 8 siswa atau sebesar 24,2%. Pada standar nasional/ideal sebanyak 12 siswa atau sebesar 36,3% yang dinyatakan lulus, yang gagal sebanyak 21 siswa atau sebesar 63,7%. Kemudian pada siklus III meningkat menjadi 87,9% atau sebanyak 29 siswa dari 33 siswa yang dinyatakan lulus pada standar KKM individu/kelas, dan yang gagal sebanyak 4 siswa atau sebanyak 12,1%. Sedangkan pada standar nasional/ideal sebanyak 22 siswa atau 66,7% yang dinyatakan lulus, sedangkan yang gagal sebanyak 11 siswa atau sebesar 33,3%. Hal ini menunjukkan bahwa 50% lebih siswa berhasil mempelajari operasi hitung perkalian pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga tulang napier.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 07:26
Last Modified: 23 Feb 2016 07:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item