PELAKSANAAN PENGIKLANAN PENJUALAN KUOTA INTERNET DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Konter Dunia Perdana Sidorejo Kota Salatiga)

NURZELA, AGUS (2018) PELAKSANAAN PENGIKLANAN PENJUALAN KUOTA INTERNET DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Konter Dunia Perdana Sidorejo Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Nurzela, Muhamad Fatir Agus. 2018. Pelaksanaan Pengiklanan Penjualan Kuota Internet Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Konter Dunia Perdana Sidorejo Kota Salatiga). Skripsi. Fakultas Syari’ah. Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Heni Satar Nurhaida, S.H, M.H. Kata Kunci: Pelaksanaan Iklan, Penjualan Kuota Internet, Hukum Islam. Diera yang serba dan modern ini semuanya menuju kemajuan, baik dari segi penjualan maupun yang dijual. Maka dari itu banyak yang menjual barang yang menggunakan metode pengiklanan, tidak luput juga banyak yang menginfomasikan barang dalam metode pengiklanan tersebut tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Salah satunya adalah pengiklanan kuota internet, Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pengiklanan di Konter Dunia Perdana kota Salatiga dalam menyajikan iklan produknya untuk mempromosikan barangnya kepada konsumen. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengiklanan dan menurut hukum islam di Konter Dunia Perdana kota Salatiga dalam menyajikan pengiklanan terhadap produknya untuk mempromosikan barangnya kepada konsumen. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan guna mengadakan penelitian pada objek yang dibahas. Dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologi yaitu pendekatan penelitian yang mengkaji persepsi dan perilaku hukum orang (masyarakat dan badan hukum) dan masyarakat serta efektivitas berlakunya hukum positif yang ada di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang diperoleh, penulis menyimpulkan bahwa Metode pengiklanan yang digunakan oleh Konter Dunia Perdana adalah menggunakan sistem promosi iklan yang di infokan kepada semua konsumen. Tetapi cara menginfokannya tidak sesuai dengan apa yang dijual, contohnya dari kuota 12 GB ditulis didepan setelah di beli ternyata barang tersebut tidak semuanya dapat digunakan, karena ada kuota malam, kuota HOOQ streaming dan lain-lain. Menurut hukum islam pengiklanan yang digunakan oleh Konter tersebut tidak sesuai dengan syariat dan mengandung unsur gharar dikarenakan pengiklanan tidak sesuai dengan apa yang telah dijualnya dan harus dibenarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2019 03:02
Last Modified: 18 Mar 2019 03:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item