Aisiyah, hanik atul (2018) PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA PADA SMP ALTERNATIF QORYAH THOYYIBAH KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA 2010. Other thesis, jurusan tarbiyah sekolah tinggi negeri.
Text
SKRIPSI PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA PADA SMP ALTERNATIF QTHA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Aisiyah, Atul, Hanik. 2010. Pembinaan keberagamaan siswa pada SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah Desa Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata kunci: Model Keberagamaan, Qaryah Thoyyibah Keberagamaan atau religiusitas diwujudkan seseorang melakukan perilaku ritual (beribadah), tapi juga ketika melakukan aktifitas lain yang didorong oleh kekuatan supranatural. Bukan hanya yang berkaitan dengan aktifitas yang nampak dan dapat dilihat mata, tetapi juga aktifitas yang tidak tampak dan terjadi dalam hati seseorang. Penelitian ini merupakan upaya untuk menegembangkan model pembinaan keberagamaan pada siswa baik di sekolah maupun di masyarakat.. Pertanyaan utama ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) bagaimana model pembinaan keberagamaan pada siswaSMP Alternaif Qoryah Thoyyibah?, dan (2) apa faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan keberagamaan pada siswa SMP Alternatif Qoryah Thoyyibah?. Untuk menjawqa pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat diskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data deduktif, induktif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembinaan keberagamaan siswa pada SMP Alternatif Qaryah Thayyibah telah dilaksanakan dengan baik oleh semua warga dan elemen sekolah, karena pihak sekolah sudah menerapkan berbagai macam kebijaksanaan serta memberikan fasilitas guna mendukung pembinaan keberagamaan siswa, selain itu bukan hanya guru mata pelajaran agama Islam saja yang melakukan pembinaan akan tetapi seluruh guru pendamping berusaha ikut ambil bagian dengan berusaha menumbuh kembangkan keberagamaan yang telah ada pada diri siswa melalui berbagai macam kegiatan keagamaan dan pengintegrasian nilai-nilai keagamaan pada mata pelajaran supaya siswa dapat merasakan bahwa keberagamaan bukan hanya sekedar melakukan ritual peribadatan kepada Allah melainkan menyangkut kehidupan sosial masyarakat yang heterogen dari segi agama, budaya, ras dan suku bangsa. Sedikit banyak siswa yang telah mengerti pentingnya keberagamaan dalam landasan gerak mereka di lingkungan juga selalu berupaya untuk mengembangkan pengetahuan mereka melalui buku-buku bacaan agama ataupun kegiatan keagamaan di luar lingkungan sekolah. (2) Bahwasanya dengan regulasi yang diterapkan dan ketersediaan fasilitas di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah, serta tidak dapat dihindari berbagai macam pengaruh dari lingkungan yang membentuk pola pikir dan sudut pandang setiap individu siswa, maka hal-hal tersebut akan menimbulkan beberapa faktor yang mendukung ataupun faktor yang menghambat pembinaan keberagamaan siswa di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah. Adapun beberapa faktor yang mendukung contohnya: Fasilitas yang disediakan sekolah guna mendukung kegiatan keberagamaan siswa, Kepedulian guru pendamping dan seluruh elemen sekolah Qaryah Thayyibah untuk mendukung pembinaan keberagamaan siswa. Sedangkan beberapa faktor yang menghambat contohnya: Masih labilnya kejiwaan siswa yang menyebabkan masih mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, Lingkungan keluarga dan masyarakat yang acuh terhadap agama sehingga menyebabkan pengalaman yang kurang baik bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 04:31 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 04:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5063 |
Actions (login required)
View Item |