PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH TENTANG MAKANAN DAN MINUMAN MENURUT HUKUM ISLAM MELALUI METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010

Choiriyah, Ma'unatul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH TENTANG MAKANAN DAN MINUMAN MENURUT HUKUM ISLAM MELALUI METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, jurusan tarbiyah sekolah tinggi negeri.

[img] Text
Maunatul Choiriyah 11106120.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Choiriyah, Ma’unatul 2010. Penigkatan Hasil Belajar Fiqih Tentang Makanan dan Minuman Menurut Hukum Islam Melalui Metode Every One Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Tarbiyah Program Study Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Djoko Sutopo. Kata kunci: Metode Every One Is A Teacher Here, Hasil belajar fiqih. Permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Apakah metode every one is a teacher here dapat meningkatkan perhatian, motivasi, dan hasil belajar belajar Fiqih tentang makanan halal dan haram menurut hukum Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri Parakan tahun ajaran 2009/2010. Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan kelas, maka penelitian ini menggunakan model penelitian berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (Action), observasi dan evaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), refleksi (reflecting). Langkah pada siklus berikutnya yaitu melaksanakan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang sudah direvisi. Sebelum masuk pada siklus I dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Silabus, RPP, Lembar observasi, Lembar instrumen, dan tes formatif. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar pada setiap ahir putarannya dilakukan evaluasi berupa tes tertulis. Analisis ini dihitung menggunakan teknik sederhana yaitu: (1) Menilai hasil ulangan/tes formatif, (2) Menilai ketuntasan belajar. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama 3 siklus, seluruh pembahasan dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode every one is a teacher here mempunyai dampak positif dalam peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, yaitu: (1) Siklus I (7,5), (2) Siklus II (8,4), (3) Siklus III (8,9).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2019 05:52
Last Modified: 26 Mar 2019 05:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item