Noviani, Rani (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DENGAN LOYALITAS NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri KC Bandung Buah Batu). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Rani Noviani 21314299 (PDF).pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap keunggulan bersaing dengan loyalitas nasabah sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandung Buah Batu yang berjumlah 6.179 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 153 nasabah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 153 nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandung Buah Batu. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas dan uji linieritas), uji koefisien determinasi, uji t-test, uji F-test dan uji path analysis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t-test yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, citra perusahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji F-test menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan pengaruh sebesar 54,1% sedangkan sisanya 45,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, loyalitas nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, loyalitas nasabah tidak berperan sebagai variabel mediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing, loyalitas nasabah berperan sebagai variabel mediasi pengaruh antara citra perusahaan terhadap keunggulan bersaing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 09:46 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 09:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5083 |
Actions (login required)
View Item |