Murtadho, Irham (2014) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTs NU UNGARAN TAHUN 2013/ 2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
BAB I-V SIAP PDF.pdf Download (598kB) |
Abstract
Irham Murtadho. 111 05 049.Pengaruh Intensitas Penggunaan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs NU Ungaran Tahun 2013/2014. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI STAIN Salatiga. Pembimbing: Suwardi, M.Pd Kata kunci:Perpustakaan, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana intensitas penggunaan perpustakaan siswa kelas VIII MTs NU Ungaran tahun 2014 (2) bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII MTs NU Ungaran tahun 2014 (3) bagaimana pengaruh penggunaan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs NU Ungaran tahun 2014. Peneitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, persentase dan analisis korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs NU Ungaran berjumlah 211 siswa. Dari populasi 211 siswa diambil 28% menjadi 60 siswa. Datapenelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunanakan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan perpustakaan siswa MTs NU Ungaran tergolong sedang, didukung data 39 responden ( 65 % ) sedangkan 11 responden ( 18,3% ) menjawab pada kategori tinggi, dan 10 responden ( 16,7% ) pada kategori rendah. Sedangkan Prestasi Belajar siswa MTs NU Ungaran tahun 2014 tegolong sedang juga, dengan didukung data 30 responden (50%), 15 responden (25%) pada kategori sedang, dan 15 responden (25%) pada kategori rendah. Uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh antara intensitas penggunaan perpustakaan tehadap prestasi belajar siswa, berdasarkan pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan dilihat dari r observasi adalah 0.362 diatas r tabel batas penolakan 5% sebesar 0.254, dengan kata lain 0.362 > 0.254. dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa MTs NU Ungaran tahun 2014.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 03:06 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 07:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5100 |
Actions (login required)
View Item |