PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Temanggung)

Wibisono, Iqbal (2019) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Temanggung). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Iqbal Wibisono 213-14-091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wibisono, Iqbal. 2018. Pengaruh Customer Relatiaonship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program S-1 Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Mochlasin, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh Customer Relationship Marketing yang terdiri dari komunikasi, komitmen, kepercayaan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada Bank Syariah Mandiri KCP Temanggung. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Temanggung. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik accidental sampling. Hasil uji Ttest menunjukkan bahwa komunikasi, kepercayaan dan kepuasan nasabah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan komitmen secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah. Uji Ftest menunjukkan komunikasi, komitmen, kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kemudian uji R2 menunjukan adanya hubungan yang kuat antara variabel independen dan variabel dependen sebesar 74,3%. Dengan mengunakan path analysis hasil penelitian menunjukan variabel kepuasan nasabah tidak mampu memediasi antara customer relationship marketing yang terdiri dari komunikasi, komitmen, kepercayaa terhadap loyalitas nasabah. Kata Kunci: Customer relationship marketing, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 10:31
Last Modified: 02 Apr 2019 10:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5110

Actions (login required)

View Item View Item