Siddiqoh, Siddiqoh (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU MI SE KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Siddiqoh M1.12.016.pdf Download (9MB) |
Abstract
Siddiqoh. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Manajemen Pembelajaran Guru MI se Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2014. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H. Mansur, M.Ag. dan Dr. Adang Kuswaya, M.Ag. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Manajemen, Kepemimpinan Dan Pembelajaran. Penelitian mengenai implementasi pendidikan karakter dalam manajemen kepemimpinan kepala madrasah dan manajemen pembelajaran guru untuk mengetahui manajemen kepala madrasah dan guru dalam mengimplementasikan program pendidikan karakter dalam melaksanakan tugasnya masing-masing, yakni kepala madrasah sebagai pemimpin dan guru sebagai pendidik dan pengajar. Penelitian ini berdasarkan pada realita karakter anak bangsa yang telah mangalami perubahan dalam tatanan sosial bermasyarakat, serta masih kurang nampak adanya pelaksanaan program pendidikan karakter secara sistematis oleh para lembaga pendidikan. Dengan ini peneliti mencoba membedah masalah tersebut di Madrasah Ibtidaiyah (MI) wilayah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Secara spesifik peneliti ingin mengetahui gambaran karakter peserta didiknya, pemahaman dan implementasi pendidikan karakter dalam manajemen kepemimpinan kepala madrasah dan manajemen pembelajaran guru. Untuk mengkajinya, peneliti menggunakan metodologi penelitian berjenis kualitatif deskriptif, dengan cara peneliti hadir dan mengamati langsung objek penelitian, serta mengadakan wawancara langsung pada para guru dan kepala madrasah. Hasil dari penelitian, ditemukan bahwa peserta didik MI di wilayah Kecamatan Pabelan memiliki banyak karakter baik yang menonjol seperti religius, jujur, kreatif, tanggung jawab, peduli lingkungan dan sosial, komunikatif dan sopan santun. Hal ini menunjukkan bukti adanya pemahaman para kepala madrasah dan guru terhadap program pendidikan karakter yang dalam manajemennya secara umum nampak pada visi, misi, tujuan dan program madrasah yang bernafaskan pendidikan karakter. Di samping itu, guru selalu berusaha menjadi teladan dan motivator yang baik. Adapun faktor yang mendukung terlaksananya program pendidikan karakter adalah adanya kerja sama yang baik, lingkungan yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadahi, dan adanya perhatian dan komunikasi yang baik antara pihak madrasah dengan orang tua/wali peserta didik. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah adanya peserta didik yang kurang memiliki motivasi dari pihak keluarga atau lingkungan rumah/keluarga yang kurang mendukung program madrasah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | ?? S2 ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 05:41 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 05:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5139 |
Actions (login required)
View Item |