NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIYAH (Studi Perspektif pada Masyarakat Desa Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung)

Bowo, Rudi Triyo (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIYAH (Studi Perspektif pada Masyarakat Desa Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Rudi Triyo Bowo_11111082.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Peringatan Tahun Baru Hijriyah (Studi Perspektif Pada Masyarakat Desa Traji Kec. Parakan Kab. Temanggung). Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana sejarah dilaksanakan peringatan tahun baru hijriyah, bagaimana tahapan ritual dan persepsi masyarakat sekitar tentang ritual peringatan tahun baru hijriyah di desa Traji, Kec. Parakan, Kab. Temanggung serta adakah nilai-nilai pendidikan Islam dalam peringatan tahun baru hijriyah di desa Traji, Kec, Parakan, Kab. Temanggung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah dilaksanakan peringatan tahun baru hijriyah, tahapan ritual dan persepsi masyarakat sekitar tentang ritual peringatan tahun baru hijriyah serta untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam peringatan tahun baru hijriyah di desa Traji, Kec, Parakan, Kab. Temanggung. Sesuai dengan pendekatan kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting sekali mengingat peneliti bertindak langsung sebagai instrumen langsung dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diambil diambil dari para informan/responden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data-data tersebut merupakan keterangan dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Keseluruhan data tersebut selain wawancara diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini adalah mengadakan keabsahan. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pencetus dilaksanakan tradisi peringatan tahun baru hijriyah di desa Traji adalah dalang Garu, tahapan ritual adalah persiapan; dilakukan sebelum acara kirab, pelaksanaan; dimulainya kirab dan ritual upacara yang dilakukan di sendang Sidukun, penutup; seluruh prosesi ritual di ditutup dengan pementasan wayang kulit. Persepsi sebagian besar masyarakat sekitar mempercayai bahwa dengan melaksanakan ritual peringatan tahun baru hijriyah akan mendatangkan keberkahan dan kebaikan dan apabila tidak diadakan tradisi tersebut maka sesuatu yang buruk akan menimpa. Nilai pendidikan Islam dalam tradisi peringatan tahun baru hijriyah di desa Traji adalah nilai pendidikan tentang sejarah, nasehat kebaikan, persatuan dan kesatuan serta nilai pendidikan kearifan lokal. Nilai persatuan dan kesatuan sangat penting mengingat masyarakat desa Traji yang terdiri dari berbagai macam agama dan kepercayaan, hal ini dapat menjadi contoh dalam kerukunan antar beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 02:29
Last Modified: 09 Feb 2016 02:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item