PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN 1 – 5 MELALUI TEKNIK HIAS BAJU PADA ANAK KELOMPOK A2 TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 22 TINGKIR LOR SALATIGATAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pakartiningtyas, Lenny (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN 1 – 5 MELALUI TEKNIK HIAS BAJU PADA ANAK KELOMPOK A2 TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 22 TINGKIR LOR SALATIGATAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi lenny baru.pdf

Download (5MB)

Abstract

Menciptakan inovasi pembelajaran menggunakan media dan teknik yang menarik sangat perlu dalam kegiatan pembelajaran. Dalam proses pemahaman konsep 1-5 anak masih rendah. Anak belum dapat membilang dengan benar, belum menguasai konsep angka 1-5. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelompok A2 TK Islam Tarbiyatul Banin 22 Tingkir Lor Salatiga, peneliti menemukan beberapa masalah dalam pembelajaran konsep 1-5, ini terjadi karena media yang digunakan biasa dipakai sehingga kurang menarik minat anak, penggunaan metode dan tehnik yang tidak tepat, banyaknya anak yang kurang konsentrasi, kurangnya kemampuan guru mengkondisikan anak saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep 1-5 di kelompok A2 TK Islam Tarbiyatul Banin 22 Tingkir Lor Salatiga tahun pelajaran 2018/2019, melalui teknik hias baju. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 di TK Islam Tarbiyatul Banin 22 Tingkir Lor Salatiga yang berjumlah 15 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.Instrumen penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak dan guru, lembarevaluasi anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik hias baju dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep 1-5 anak kelompokA2 di TK Islam Tarbiyatul Banin 22 Tingkir Lor Salatigatahun pelajaran 2018/2019. Persentase keberhasilan siklus I terdapat 3 anak yang mencapai kriteria tuntas dengan pencapaian kelas 64%.Siklus II diperoleh data 13 anak yang mencapai kriteria tuntas dengan pencapaian kelas 81%. Hasil data tersebut dapat diketahui bahwa pemahaman konsep 1-5 anak mengalami peningkatan melalui teknik hias baju pada anak kelompok A2 TK Islam Tarbiyatul Banin 22 Tingkir Lor Salatiga dari siklus I ke siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 75% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai rata-rata 81% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:57
Last Modified: 10 Apr 2019 14:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item