Wahdati, Isnaini Wahyu (2019) Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Keagamaan dengan Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTsN Semarang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
isna SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
Abstract
MTsN Semarang, Kabupaten Semarang adalah suatu lembaga yang bernuansa islami dengan tujuan agar siswa-siswanya menjadi orang-orang yang berkualitas, terampil, dan mandiri yang dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat kecerdasan spiritual keagamaan siswa kelas VIII MTsN Semarang tahun pelajaran 2017/2018, (2) mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII MTsN Semarang tahun pelajaran 2017/2018, dan (3) mengetahui hubungan kecerdasan spiritual keagamaan dengan kedisiplinan siswa kelas VIII MTsN Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Semarang Kabupaten Semarang, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup untuk variabel bebas maupun variabel terikat. Subjek penelitian sebanyak 60 responden dengan menggunakan rumus korelasi product moment dibantu program SPSS Version 24.00 for Windows. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kecerdasan spiritual keagamaan dari 60 responden yang berada dalam kategori baik sebanyak 19 siswa atau 31,67%, kategori sedang sebanyak 29 siswa atau 48,33%, dan kategori rendah sebanyak 12 atau 20%. Kedua, kedisiplinan dari 60 responden yang berada dalam kategori baik sebanyak 21 siswa atau 35%, adapun dengan kategori sedang sebanyak 28 siswa atau 46,67%, dan dalam kategori rendah sebanyak 11 atau 18,33%. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual keagamaan dengan kedisiplinan siswa kelas VIII MTsN Semarang Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual keagamaan dengan kedisiplinan siswa kelas VIII MTsN Semarang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018” dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan rxy hitung lebih besar dari rxy tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu rhitung = 0,509 > rtabel = 0.254.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 04:13 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 04:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5309 |
Actions (login required)
View Item |