Kumala, Dina Erawati (2019) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Melalui Model Student Teams Achievment Divisions (STAD) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
DINA ERAWATI KUMALA 23060150029.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi getaran, gelombang dan bunyi melalui model Student Teams-Achievment Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pengamatan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pabelan sejumplah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa Perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar pedoman observasi, soal dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams-Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pabelan tahun pelajaran 2018/2019. Dalam keaktifan siklus I siswa masih cukup baik dalam kaktifan hal ini ditandai dengan hasil keaktifan baru mencapi 1,75. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 1,75 menjadi 2,28, akan tetapi hasil ini masih dikatan cukup baik karena ≤ 2,5. Dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu tingkat keberhasilan mencapai 2,9 artinya pada siklus ini dikatakan berhasil karena ≥ 2,5. Sedangkan peningkatan siswa yang tuntas belajar pada Siklus I 37,5% siswa tuntas belajar, Siklus II 81% siswa tuntas belajar dan Siklus III 99% siswa tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu murni |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 07:01 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5329 |
Actions (login required)
View Item |