Jayanti, Chika Okta (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV MI MA'ARIF TINGKIR LOR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/209. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI CHIKA OKTA JAYANTI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Jayanti, Chika Okta. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, S. Pd., M. Pd. Kata kunci: hasil belajar, IPA, Problem Based Learning (PBL) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 60. Hal ini dikarenakan siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan dari guru, banyak siswa yang sibuk sendiri ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu pada saat proses pembelajaran siswa kurang berperan aktif dan dominan guru yang berperan aktif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2019 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2019. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 16 laki- laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan hasil belajar IPA materi gaya diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa materi gaya pada kondisi awal (pra-siklus) 48,18 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% (8 siswa) dari 22 siswa yang mencapai nilai ? 60 (nilai KKM). Siklus I sebesar 68,13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73% (14 siswa) yang mencapai nilai ? 60 (nilai KKM). Siklus II sebesar 81,81 dengan ketuntasan klasikal 91% (20 siswa) yang mencapai nilai ? 60 (nilai KKM).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 15:03 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 15:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5346 |
Actions (login required)
View Item |