Permanasari, Indria (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI BENUA-BENUA DI DUNIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VI SEMESTER 1 SD NEGERI KARANGJATI 02 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
INDRIA PERMANASARI PRODI PGMI 23040150041.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permanasari, Indria. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Materi Benua-Benua Di Dunia Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan PGMI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model pembelajaran Student Facilitator and Explaining media Audio Visual Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Sosial (IPS) materi Benua-Benua di Dunia menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan media audio visual pada siswa kelas VI semester 1 SDN Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 39 siswa. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Benua-Benua di Dunia pada siswa kelas VI semester 1 SDN Karangjati 02 Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI semester 1 SDN Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Dapat dibuktikan dari data yang per siklusnya, hasil pra siklus hanya 5 siswa (12,82%) yang tuntas KKM, sedangkan 34 siswa (87,18%) belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I 17 siswa (43,59%) yang tuntas KKM, sedangkan 22 siswa (56,41%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 67,17. Diperoleh peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus 1 30,77%.Pada siklus II 36 siswa 92,31%? 85% yang tuntas KKM, sedangkan 3 siswa (7,69%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 77,17. Diperoleh peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II 48,72%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI semester 1 SDN Karangjati 02 Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 16:11 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 16:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5365 |
Actions (login required)
View Item |