Shodiqin, Fajar Ali (2019) ADAB PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF K.H. AHMAD MAISUR SINDI AL-THURSIDI DALAM KITAB TANBIHUL MUTA’ALLIM. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
jadi Fajar.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Shodiqin, Fajar Ali. 2019. Adab Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu Perspektif K.H. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam Kitab Tanbihul Muta’allim. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci : Tanbihul Muta’allim, adab, peserta didik. Dalam dunia pendidikan sekarang ini, krisis adab merupakan problem yang sangat serius. Hal tersebut dikarenakan lembaga pendidikan lebih mengedepankan urusan kognitif dan kurang adanya penekanan terhadap petingnya adab bagi seorang peserta didik. Berkenaan dengan hal itu, K.H. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam kitab karangannya Tanbihul Muta’allim mempunyai pandangan terkait adab-adab yang perlu dilakukan oleh seorang peserta didik. Rumusan Masalah yang akan dikaji yaitu: Bagaimana konsep adab peserta didik dalam kitab Tanbihul Muta’allim karya Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi? Metode yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah kepustakaan. Untuk menjawab rumusan masalah di atas, maka penelitian dimulai dengan membaca kitab Tanbihul Muta’allim yang merupakan objek penelitian. Kemudian mencari referensi berupa jurnal, buku, ensiklopedia, dan literatur lain yang berkaitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara mengumpulkan data dari berbagai literer, wawancara, dan dokumentasi. Sumber-sumber data yang digunakan adalah kitab Tanbihul Muta’allim kemudian literatur lain yang relevan. Metode yang digunakan untuk menganalisi penelitian ini adalah content analysis, deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan adab bagi seorang peserta didik menurut K.H. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi dalam kitab Tanbihul Muta’allim adalah: (1) adab sebelum datang ke tempat belajar yaitu: bersuci, mempersiapkan alat tulis (2) adab di dalam tempat belajar yaitu: berdo’a, mengatur posisi duduk, mendengarkan dan mencatat (3) adab setelah selesai dari tempat belajar yaitu: muraja’ah (4) adab berkaitan dengan diri sendiri yaitu: mempunyai akhlak baik, mengkonsumsi dan memakai yang halal, dan menjauhi perbuatan dosa (5) adab terhadap orang tua yaitu: birrul walidain (6) adab terhadap guru: Meyakini keluhuran guru, ta’dzim terhadap guru (7) adab terhadap ilmu: bersungguh-sungguh dalam mendapatkannya, mempelajari secara bertahap, tidak meremehkan suatu ilmu, tidak menyombongkan ilmu, manajemen waktu dalam proses menuntut ilmu. Relevansi adab dalam kitab Tanbihul Muta’allim dalam dunia pendidikan zaman sekarang dapat digunakan untuk penanggulang degradasi moral pada generasi muda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 21:39 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 21:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5370 |
Actions (login required)
View Item |