Hasanah, Dani (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA SISWA MUSLIM DI SMK NEGERI 3 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas Pada Siswa Muslim Di SMK Negeri 3 Salatiga. Skripsi,Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing Urifatun Anis, M.Pd. Kata Kunci: Menanamkan;Nilai-Nilai Religiusitas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Religiusitas yang ada di di SMK Negeri 3 Salatiga tahun 2019, bagaimana upaya dari guru pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Salatiga dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas pada siswa muslim.? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber data. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini penyimpulkan bahwa (1) religiusitas yang di SMK Negeri 3 Salatiga terbilang bagus, hal tersebut salah satunya merupakan upaya guru pendidikan agama Islam yang membimbing dengan menanamkan nilai-nilai religiusitas melalui pembelajara PAI dalam kelas maupun ketika dalam pembelajaran di luar kelas. Upaya guru PAI dengan penanaman nilai nilai ibadah, nilai Akhlak, dan nilai kedisplinan yang semua terkandung dalam kegiatan berikut: Pembacaan Asmaul Husna, Berdoa sebelum memulai pembelajaran, mewajibkan siswi muslimberhijab, melaksanakan shalat dluha, shalat dluhur, shalat asar berjamaah, memberikan sanki kepada siswa yang tidak melaksanakan shalat, menambah kegiatan ektrakulikuler agama, memasukkan unsur keagamaan dalam kegiatan diluar jam sekolah seperti pramuka dan PMR, melaksanakan pesantren kilat setiap bulan ramadhan, memperingati hari besar Islam dan melaksanakan istighosah bagi anak kelas 12. (2) Dari pelaksanaan tentunya terdapat dua faktor yaitu pendukung dan penghambat, untuk faktor pendukung dari sesama guru PAI, Komite Sekolah dan juga dukungan kepala sekolah, sedangkan untuk faktor penghambat itu sendiri antara lain berasal dari siswa sendiri seperti karena malas, latar belakang keluarga dan sekolah sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Apr 2019 01:54 |
Last Modified: | 13 Apr 2019 01:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5373 |
Actions (login required)
View Item |