Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kalor dan Perpindahannya Menggunakan Metode Eksperimen dengan Peta Konsep Type Spider Concept Map Pada Siswa Kelas V MI Maarif Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajara 2018_2019

Namira, Devia (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kalor dan Perpindahannya Menggunakan Metode Eksperimen dengan Peta Konsep Type Spider Concept Map Pada Siswa Kelas V MI Maarif Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajara 2018_2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DEVIA NAMIRA (23040150137).pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan (IPA) di MI Ma’arif Pulutan tergolong rendah. Hal ini tidak lepas dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, eksperimen, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dengan peta konsep type spider concept map dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kalor dan perpindahannya pada siswa kelas V MI Ma’arif Pulutan tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yaitu, pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: standar KKM mata pelajaran IPA yaitu 68, sebelum menggunakan metode eksperimen dengan peta konsep type spider concept map hanya ada 38,6% (10 siswa) yang tuntas, sedangkan 61,4% (16 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan metode eksperimen dengan peta konsep type spider concept map pada siklus I diperoleh data 57,7% (15 siswa) tuntas dan 42,5% (11 siswa) belum tuntas. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 88,5% (23 siswa) tuntas dan 11,5% (3 siswa) belum tuntas. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 30,8%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:21
Last Modified: 15 Apr 2019 02:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item View Item