Safitri, Eni Nur (2019) Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Sholat Berjamaah dengan Metode Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas VII F SMPIT Nurul Islam Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
gabungan pdf eni nur 0341.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan Metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Sholat Berjama’ah pada siswa kelas VII F di SMPIT Nurul Islam Kec. Tengaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu :perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar siswa pada Pra Siklus siswa yang tuntas 6 siswa atau 19,4% dan yang belum tuntas sebanyak 25 atau 80,6% dengan rata-rata 60,9. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 43,3% dan yang belum tunts sebanyak 18 siswa atau 56,7% dengan rata-rata 71,7. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa atau 87,1% dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa atau 12,9% dengan rata-rata 84,1. Jadi dari pra siklus yaitu 19,4% ke siklus I 43,3% meningkatnya 23,3% dan dari siklus I ke siklus II yaitu 87,1% meningkatnya 43,8%. Maka siklus dihentikan dan dinyatakan berhasil. Jadi metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Sholat Berjama’ah pada siswa kelas VII F SMPIT Nurul Islam Kec.Tengaran Kab. Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 10:18 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 10:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5417 |
Actions (login required)
View Item |