Handayani, Nanik (2019) KONSEP NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU PLAYING "GOD" KARYA RULLY ROESLI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NONIK HANDAYANI (PAI - 11114310) PDF.pdf Download (3MB) |
Abstract
Diantara metode-metode terpenting, agung dan nyata yang ditempuh oleh Rasulullah dalam proses pengajaran adalah teladan dan akhlak (budi pekerti yang baik. Pengaruh metode pengajaran dengan memberikan contoh perbuatan akan lebih kuat bersemayam di dalam hati dan memudahkan pemahaman serta ingatan. Maka peneliti memilih buku Playing “God” karya Rully Roesli fokus utama penelitian karena dalam buku tersebut memaparkan nilai pendidikan Islam melalui kisah keteladanan yang seimbangan dalam aspek fisik dan psikis. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang ada di dalam buku Playing “God” karya Rully Roesli dan relevansinya dengan kehidupan sehari-hari sehingga nantinya hasil penelitian ini dapat dimanfatkan dalam proses pembelajaran dan kehidupan bermasyarakat. Jenis penelitian ini adalah library research dengan menggunakan metode pendekatan content analysis sebagai metode untuk mengkaji konsep nilai keadilan yang terdapat dalam buku Playing “God” dan metode wawancara melalui e-mail kepada penulis Rully Roesli sebagai sumber utama dan fokus pertama penelitian. Sementara sumber sekunder diambil dari buku, artikel, jurnal, dan data-data pendukung yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama konsep nilai-nilai pendidikan Islam memiliki dua bentuk, yaitu nilai ilahiyah meliputi iman, Islam, ihsan, taqwa, ikhlas, tawakal, syukur, dan sabar; dan nilai insaniyah yang terdiri dari kasih sayang, persaudaraan, adil, berprasangka baik, rendah hati, lapang dada, menjaga harga diri, serta dermawan. Kedua, Nilai-nilai ilahiyah dan insaniyah dalam buku Playing “God” karya Rully Roesli relevan: 1) Diterapkan di kehidupan bermasyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup sebagai Muslim di lingkungan masyarakat. Nilai-nilai ilahiyah turut mempengaruhi nilai-nilai insaniyah dalam kaitannya interaksi sosial di lingkungan keluarga, lembaga dan masyarakat sehingga menjadi lebih harmonis. 2) Dalam dunia pendidikan nilai-nilai tersebut sesuai untuk mengembangkan fungsi manusia sebagai khalifah dan hamba Allah Swt. dan baik ditanamkan untuk menumbuhkan sikap keagamaan yang selaras dengan pendidikan Islam dan pendidikan multikultural dalam kaitannya dengan masyarakat Indonesia yang majemuk.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 11:04 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 11:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5425 |
Actions (login required)
View Item |