Peningkatan Kualitas Membaca Al-Quran Secara Tahqiq dengan Metode Talaqqi pada Siswa kelas IX H SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Ashar, Muhammad Cholilul (2019) Peningkatan Kualitas Membaca Al-Quran Secara Tahqiq dengan Metode Talaqqi pada Siswa kelas IX H SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Full Muhammad Cholilul Ashar pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas membaca Al-Quran pada Siswa SMP Negeri 10 Salatiga. Hal ini disebabkan karena SMP Negeri 10 Salatiga menekankan proses pembelajarannya pada kajian ilmu sekuler. Sementara kajian bidang keilmuan agama belum terwadahi secara maksimal, terutama dalam pembelajaran Al-Quran. Dan faktor lain yang mempengaruhinya yaitu belum fahamnya seorang guru dalam metode penyampaian bembelajaran Al-Quran yang dapat diterima oleh siswa dengan baik. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah Penggunaan Metode Talaqqi Dapat Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Secara Tahqiq Pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 10 Salatiga Tahun 2018/2019 ? Pada dasarnya, metode pembelajaran merupakan inti dari pembelajaran tersebut. Penggunaan metode yang tepat akan mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran, dan juga mempermudah siswa dalam menerima pembalajaran yang disampaikan oleh guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu : tes, observasi dan catatan selama penelitian berlangsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Talaqqi Dapat Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Secara Tahqiq Pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 10 Salatiga. Hal ini dilihat dari hasil analisis data akhir yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,63 menjadi 76.35 pada siklus II. Untuk angka ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 11 siswa atau sebesar 45,83 % meningkat menjadi 21 siswa atau sebesar 87,5 % pada siklus II. Jadi angka ketuntasan belajar dari siklus I sampai siklus II meningkat sebesar 41,67 % atau sebanyak 10 anak. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Metode Talaqqi Dapat Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Secara Tahqiq Pada Siswa Kelas IX H SMP Negeri 10 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 13:31
Last Modified: 15 Apr 2019 13:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item