STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Maslakah, Wijayanti (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLB MUHAMMADIYAH SURYA GEMILANG BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
wijayanti 23010150345.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maslakah, wijayanti. 2019. Strategi Pembelajaran PAI di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakulta Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: strategi pembelajaran pendidikan agama Islam Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru 2)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB MuhammadiyahSurya Gemilang Banyubiru 3)Untuk mengetahui usaha guru dalam menangani siswa dengan berbagai macam kebutuhan khusus dalam satu kelas di SMPLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, interview dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh peneliti, dan terakhir disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI yang digunakan di SMPLB Muhammadiyah Surya Gemilang adalah strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan yang disesuaikan dengan kondisi siswa di kelas. Sebelum pembelajaran dimulai guru menyiapkan materi yang akan disampaikan di kelas, setelah itu guru menetukan metode yang cocok untuk menyampaikan materi dan biasanya guru lebih terbantu ketika menggunakan metode tutor sebaya, guru lebih bisa mengkondisikan siswa saat pembelajaran di kelas, di akhir pembelajaran guru memberikan motivasi pada siswa. Faktor penghambat berjalannya pembelajaran adalah kurangnya sarana prasarana dan SDM yang sebenarnya itu menjadi faktor pendukung jalannya proses pembelajaran. Adanya hambatan pada sarana prasarana tidak menjadikan guru di SMPLB Muhammadiyah Surya Gemilang Banyubiru menjadi patah semangat untuk memberikan pembelajaran bagi siswa, justru sebaliknya guru sangat semangat dan antusias untuk memberikan pembelajaran di kelas dengan berbagai tujuan yang ingin dicapai, untuk mengatasi hambatas sarana dan prasarana biasanya guru menggunakan media gambar secara manual atau media gambar yang sudah tersedia di sekolah. Usaha guru untuk mengkondisikan siswa dengan berbagai macam kebutuhan khusus dalam satu kelas adalah dengan menggunakan metode tutor sebaya, metode ini cukup efektif dan efisien untuk digunakan saat proses pembelajaran berlangsung dan sudah disesuaikan dengan kondisi anak di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 13:41
Last Modified: 15 Apr 2019 13:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item View Item