Sofiah, Eni (2019) BUDAYA DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA BANARAN KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2018-2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI BENAR.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Sofia, Eni. 2019. Budaya dan pendidikan agama Islam di Desa Banaran Kec. Gemawang Kab. Temanggung tahun 2018-2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: Budaya, pendidikan agama Islam, nilai-nilai agama dalam tradisi. Penelitian ini bertujuan mengetahui adalah : (1) Bagaimana budaya dan pendidikan agama Islam ? (2) Bagaimana nilai-nilai agama dalam tradisi budaya ? (3) Bagaimana hambatan dan pendukung pendidikan agama Islam ? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Penelitian ini adalah Kepala Desa Banaran, toko agama Desa Banaran setiap Dusun, guru PAI setiap sekolah MI, SD, MTS, SMP, MA dan TPQ, sesepuh Desa Banaran, dan warga Desa Banaran. Data sekunder adalah data yang didapat dari sumber bacaan dan berbagai macam sumber lainya yang terdiri dari beberapa wawancara, foto-foto, dan lainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Desa Banaran merupakan Desa yang memiliki berbagai macam budaya yang masih melekat erat sampai sekarang, dan pendidikan agama Islam masih kurang maju, dari beberapa Desa, pendidikan Islam ada yang sudah berjalan maju, dan ada juga yang masih sangat rendah, dari beberapa dusun dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama Islam di Desa Banaran masih menengah kebawah, meskipun sekarang udah mulai maju, dari pada tahun sebelumnya. (2) Nilai-nilai agama yang dapat dikuatkan melalui tradisi budaya sadranan, kesenian merupakan kuda lumping, dan ketropak, mata pencaharian sebagai pengrajin sapu, gendong bayi, wiwiwtan, sesajen perayaan nganten yaitu: gotong royong, peduli sosial, tanggung jawab, merekat tali persaudaraan, mengukuhkan budaya Islam, bersikap produktif, mengukuhkan hubungan kaum muslim. (3) Hambatan-hambatan pendidikan agama Islam yaitu kurangya pengawasan orang tua, kurangya kesadaran waktu, warga dalam mendidik anak, persepsi terhadap pendidikan Islam salah, faktor pendukung pengembangan pendidikan Islam terhadap anak dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh orang tua, semangat anak-anak berlajar TPQ, semangat ustad atau ustadzah mengajari TPQ, dukungan orang tua dan masyrakat untuk membangun TPQ.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 07:40 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5448 |
Actions (login required)
View Item |