PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS ASSALAFI KENTENG, KEC.SUSUKAN, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Afifah, Khusnul (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS ASSALAFI KENTENG, KEC.SUSUKAN, KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Khusnul Afifah_111 11 199.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh pengunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi terhadap hasil pelajaran siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Assalafi Kenteng tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagimana penggunaan media pembelajaran audio visual. (2) Bagaimana motivasi belajar siswa. (3) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. (4) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. (5) Adakah pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. (6) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini 209 dan sampel sebanyak 53 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan media pembelajaran audio visual oleh guru kategori tinggi yaitu sebesar 64,15 %. (2) Motivasi belajar dalam kategori tinggi yaitu sebesar 73,58%. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dalam kategori tinggi yaitu sebesar 67,92%. (4) Tidak ada pengaruh pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih , hal ini dibuktikan dengan rh < rt (0,256 < 0,361). (5) Ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, hal ini dibuktikan dengan rh > rt (0,499 > 0,361). (6) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal ini dibuktikan dengan r h > rt (0,532 > 0,361). Hasil uji F dengan taraf kesalahan 5%, dan diperoleh F h sebesar 10,071 dan F t sebesar 3,18. Jadi, dapat disimpulkan bahwa F h > Ft (10,071 > 3,18) berarti persamaan regresi tersebut signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2016 06:14
Last Modified: 24 Feb 2016 06:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item