masruroh, Ulfah (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN GURU DENGAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF SRATEN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Ulfah Masruroh_11508005 (2).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan antara persepsi siswa dengan akhlaqul karimah siswa MI Ma’arif Sraten. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimanakah persepsi siswa tentang kepribadian guru di MI Ma’arif Sraten Kec. Tuntang Kab. Semarang tahun 2014?, (2) Bagaimanakah akhlaqul karimah siswa MI Ma’arif Sraten Kec. Tuntang Kab. Semarang tahun 2014?, dan (3) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru dengan akhlaqul karimah siswa MI Ma’arif Sraten Kec. Tuntang Kab. Semarang tahun 2014?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel penelitian berjumlah 29 siswa, yaitu siswa kelas IV, V dan siswa kelas VI. Instrumen penelitian berupa angket. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan angket dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan teknik korelasi product moment Temuan penelitian ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang kepribadian guru terdapat hubungan yang positif dengan akhlaqul karimah siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan persepsi siswa tentang kepribadian guru diperolehan jawaban angket untuk kategori tinggi adalah 13 anak (45%), kategori sedang 10 anak (34%), dan kategori rendah 6 anak (21%). Kemudian dari hasil angket akhlaqul karimah siswa diketahui bahwa untuk kategori tinggi adalah 12 anak (41%), kategori sedang adalah 9 anak (31%), dan kategori rendah adalah 8 anak (28%). Kemudian untuk mengetahui hubungan , dihitung menggunakan rumus product moment yang diketahui dengan nilai korelasi 0,491. Selanjutnya untuk membuktikan signifikan atau tidaknya antara persepsi siswa tentang kepribadian guru dengan akhlaqul karimah siswa MI Ma’arif Sraten, maka nilai korelasi 0,491 dikonsultasikan dengan r tabel product moment dengan taraf signifikasi 5% untuk N = 29 adalah 0,367 dan taraf signifikan 1% untuk N = 29 adalah 0,470 yang mana jika r hitung lebih besar dari r tabel, maka Ha diterima, dengan demikian korelasi 0.491 itu “Signifikan”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi persepsi siswa tentang kepribadian guru maka semakin tinggi pula akhlaqul karimah siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 06:31 |
Last Modified: | 24 Feb 2016 06:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/548 |
Actions (login required)
View Item |