IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KRAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

Ardiansah, Feli (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KRAKTER DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasipendidikan agama Islam berbasiskarakter. Tujuan ini penulis mengambil berdasarkan latar belakangsiswa di SMP Muhammadiyahsalatigasudahseperti yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana Implementasi pendidikan Agama Islam berbasis karakter. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakakurikulum, guru PAI. Temuan Penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhamamdiyah Plus Salatiga lebih mengutamakan pendidikan karakter dan diparaktikan dalam kehidupan sehari-hari, siswa memiliki kesedaran dan kedewasaan dalam bertindak dan cerdas, siswa sudah terbiasa ketika diberi pelajaran mengenai teori saja, tidak ada makna ketika Pendidikan Agama Islam hanya ditaraf itu, namun dengan branding Plusnya SMP Muhamadiyah mampu mengimplementasi nilai-nilai yang diajarkan dalam teori pemebelajaran (2) Faktot pendukung yang mempengaruhi Impelementasi pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga yaitu berawal dari arah tujuan dan visi, misi sekolah, sehingga akan terbangun budaya sekolah yang berkarakter, hal pendukung lain yaitu memanfaatkan waktu yang maksimal, manajemen finansial, fasilitas yang mewadai untuk menunjang kegiatan belajar siswa, seluruh tenaga pendidikan serta karyawan dilibatkan dalam rangka membangun karakter sekolah yang bukan hanya siswanya yang dibangun, jaringan sekolah yang banyak akan menjadi pendukung kelebihan tersendiri, SDM yang selalu diperbaiki serta dengan kualitas unggul, lingkungan yang mendukung, kepercayaan orang tua dan masyarakat terhadap visi sekolah, komunikasi intens dengan orang tua sisiwa dan pengawasan anak dengan menggunakan metode tertentu. Sebagai sekolah Muhamamdiyah yang ditangani oleh DIKDASMEN manjemen khusus sekolah-sekolah Muhammadiyah yang bertujuan untuk mencerdaskan anak didik tanpa pandang bulu. Sedangkan faktor penghambat adalah hanya timbul dari individu siswa yang memiliki sifat yang unik sehingga memerlukan penanganan khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:11
Last Modified: 16 Apr 2019 06:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5493

Actions (login required)

View Item View Item