A, Chamim Borhanudin M (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI MUNAKAHAT MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 MA MA’ARIF GRABAG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI Chamim Borhanudin Muhyar Amin.pdf Download (4MB) |
Abstract
Amin, Chamim Borhanudin Muhyar. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Munakahat Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MA Ma’arif Grabag Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Hasil Belajar, Fiqih, Metode Role Playing Penelitian ini dilatar belakangi nilai peserta didik pada mata pelajaran fiqih materi munakahat di kelas XI IPS 1 MA Ma’arif Grabag yang cenderung rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Perlu adanya inovasi dalam pengembangan metode pelajaran yang tepat dimana guru tidak hanya sekedar menjelaskan, tetapi juga memberi kesempatan peserta didik untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode role playing yang lebih menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan guru dengan cara memainkan peran tertentu sesuai dengan konteks pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Role Playing dapat meningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi Munakahat pada siswa kelas XI IPS 1 di MA MA’ARIF Grabag tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 MA Ma’arif Grabag yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ketuntasan siswa pada siklus I berjumlah 15 siswa dengan persentase 75% dan mengalami peningkatan sebanyak 3 siswa dengan persentase 15% pada siklus II menjadi 18 siswa dengan persentase 90%. Hasil ini dapat dikatakan telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal yaitu 85%. Maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi munakahat pada siswa kelas XI IPS 1 MA Ma’arif Grabag.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 11:01 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 11:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5550 |
Actions (login required)
View Item |