ANALISIS PROSEDUR PEMBIAYAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS DI BMT TUMANG, BMT ANDA, BMT AL ISHLAH DI KOTA SALATIGA)

Al Alim, Aswad Addu Ali Humad (2015) ANALISIS PROSEDUR PEMBIAYAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS DI BMT TUMANG, BMT ANDA, BMT AL ISHLAH DI KOTA SALATIGA). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Aswad Addu Ali Humad Al Alim_21310053.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Lembaga keuangan syariahdari tahun ke tahun semakin pesat perkembangannya. Dengan demikian masing-masing lembaga keuangan syariah memiliki karakteristik yang berbeda sebagai identitas dan juga wujud pelayanan untuk mencapai kepuasan nasabah. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti memberikan judul “Analisis Prosedur Pembiayaan dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus BMT TUMANG, BMT ANDA, dan BMT AL ISHLAH di Kota Salatiga)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembiayaan pada BMT TUMANG, BMT ANDA, BMT AL ISHLAH di Kota Salatiga dan dampaknya terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analitik.Dalam penelitian ini disimpulkan bahwadampak prosedurpembiayaanterdapat beberapa kesamaan yakni: 1). Pengajuan pembiayaan., 2). Melengkapi syarat administrasi., 3). Analisis administrasi dan juga survei lapangan oleh pihak BMT., 4). Hasil suvei dirapatkan oleh staf pembiayaan., 5). Apabila pembiayaan disetujui, maka melakukan akad, pengikatan jaminan dan juga pencairan dana., 6) Nasabah melakukan pembayaran angsuran., 7). Pelunasan pembiayaan atau penyelesaian pembiayaan bermasalah jika terdapat pembiayaan bermasalah. Sedangkan perbedaan dalam prosedur pembiayaannya terdapat pada biaya administrasi , minimal nominal pengajuan, agunan dan pengakuan nilai agunannya, rentang waktu dari pengajuan sampai disurvei, dan rentang waktu dari pengajuan sampai pencairan dana.Kemudian dampak prosedur pembiayaan terhadap kepuasan nasabah ialah:1). Syaratdan prosedur pengajuan pembiayaan tidak berdampak apapun terhadap kepuasan nasabah., 2).Prosedur nisbah bagi hasil yang rendah berdampak positif terhadap kepuasan nasabah., 3).Prosedur penyelesaian pembiayaan bermasalah secara kekeluargaan berdampak positif terhadap kepuasan nasabah., 4). Personal perform dalam marketingyang baik berdampak positif terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:45
Last Modified: 26 Feb 2016 04:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item