Penerapan Metode Teams Game Tournament (TGT)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Ibadah Haji Dan Umroh Pada Siswa Kelas X To A SMK Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Fitriani, Nur (2019) Penerapan Metode Teams Game Tournament (TGT)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Ibadah Haji Dan Umroh Pada Siswa Kelas X To A SMK Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dikarenakan rendahnya hasil belajar siswa kelas X TO A pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) atau 75, dan belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Secara umum permasalahan penelitian ini adalah “Apakah metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Ibadah Haji dan Umroh kelas X TO A SMK Al Falah Salatiga Tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT). Penerapan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TO A SMK Al Falah Salatiga sebanyak 23 siswa. Analisis data yang dilakukan dengan membandingkan skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 sekaligus ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu 85%. Berdasarkan analisis, hasil tes dan observasi yang sudah dilakukan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi Ibadah Haji dan Umroh pada siswa kelas X TO A SMK Al Falah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan pada hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) yaitu dengan hasil rata-rata siswa 71,82 dengan persentase ketuntasan 17,40%. Pada siklus I nilai rata-rata 79,56 dengan persentase ketuntasan 73,91%. Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata siswa 88,17 dengan persentase ketuntasan 91,30%.Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi Ibadah Haji dan Umroh pada siswa X TO A SMK Al Falah Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2019 13:12
Last Modified: 10 Sep 2019 13:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5734

Actions (login required)

View Item View Item