UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI TEKNIK MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIHAD SEMOWO, KECAMATAN PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014 / 2015

hidayah, nur (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI TEKNIK MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIHAD SEMOWO, KECAMATAN PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nur Hidayah_11510071.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu bidang kajian ilmu pengetahuan yang dilakukan secara terpadu dan merupakan hasil dari penyederhanaan, adaptasi, seleksi dan modifikasi dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dan ekonomi, bahkan disiplin ilmu humaniora, pendidikan dan agama. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan teknik mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Sumber Daya Alam pada siswa kelas empat di Madrasah Ibtidaiyah, Semowo Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2014/2015? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkaatan prestasi belajar dalam mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal baik standar sekolah (65) maupun nasional (75) setelah di terapkannya teknik mind mapping pada siswa kelas empat pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Semowo tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah dalam PTK ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian dapat dilihat pada peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Sumber Daya Alam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Sumber Daya Alam pada setiap siklusnya. Pada siklus I, Peningkatan ini ditunjukkan oleh siswa yang tuntas melalui siklus I (27,78%), siklus II menjadi (55,56%) dan siklus III peningkatannya menjadi (88,89%) berdasarkan KKM sekolah. Sedangkan berdasarkan KKM Nasional adalah, siklus I (5,56 %), siklus II menjadi (27,78 %) dan siklus III menjadi (55,56 %). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik mind mapping yang digunakan dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada pokok bahasan Sumber Daya Alam pada siswa kelas empat di Madrasah Ibtidaiyah Semowo, kec. Pabelan, Kab. Semarang tahun 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 06:14
Last Modified: 26 Feb 2016 06:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item