PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Sari, Rahmatika (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RAHMATIKA SARI (PGMI 23040150059) - Copy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sari, Rahmatika. 2019 Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Zat Tunggal dan Campuran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Tahun 2018/2019). Skripsi. Program Stusi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi zat tunggal dan campuran melalui model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang tahun 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang yang berjumlah 20 siswa meliputi 5 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar. Data analisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 25% dan Siklus I ke Siklus II 30%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus 35% siswa tuntas belajar, Siklus I 60% siswa tuntas belajar, dan Siklus II 90% siswa tuntas belajar. Penelitian ini dihentikan pada siklus II karena indikator yang diharapkan telah tercapai yaitu siklus akan berhenti apabila 85% dari total siswa dalam satu kelas mendapat nilai 75 dan pada siklus II 90% siswa dalam satu kelas mendapat nilai 75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 12:23
Last Modified: 12 Sep 2019 12:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5809

Actions (login required)

View Item View Item