PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MELALUI METODE REWARD AND PUNISHMENT DENGAN ALAT PERMAINAN RODA BERPUTAR PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF DUKUH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Khasanah, Nur (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MELALUI METODE REWARD AND PUNISHMENT DENGAN ALAT PERMAINAN RODA BERPUTAR PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF DUKUH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Khasanah-23040150155-PGMI-skripsi-dikompresi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Khasanah, Nur. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Metode Reward and Punishment dengan Alat Permainan Roda Berputar pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Dukuh Kota Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA; Metode Reward and Punishment dan Alat Permainan Roda Berputar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi siklus air melalui metode reward and punishment dengan alat permainan roda berputar pada siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh Kota Salatiga yang berjumlah 18 siswa meliputi 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal tes, RPP, silabus dan materi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KBM yang telah ditetapkan yaitu 70, sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu ?85% dari jumlah siswa yang yang mencapai nilai di atas KBM. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode reward and punishmet dengan alat permainan roda berputar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air pada siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh Kota Salatiga tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode reward and punishment dengan alat permainan roda berputar hanya 7 siswa (39%) yang memenuhi KBM dengan nilai rata-rata 62,5. Selanjutnya pada siklus I ada 10 siswa (56%) memenuhi KBM dengan nilai rata-rata 68,33. Kemudian, pada siklus II ada 16 siswa (89%) memenuhi KBM dengan rata-rata 83,61. Oleh karena itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan siklus dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 12:54
Last Modified: 15 Mar 2022 14:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5810

Actions (login required)

View Item View Item