Strategi Dakwah Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) di Kota Salatiga

FAJARITA, KURNIA (2019) Strategi Dakwah Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) di Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
bakar cd 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fajarita, Kurnia. 2019. Strategi Dakwah Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) di Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Dakwah, PITI, Kota Salatiga Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) didirikan pertama kali di Jakarta pada tanggal 14 April 1961. Organisasi PITI telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia salah satunya di Kota Salatiga. Organisasi PITI Salatiga berawal dari PITI Semarang yang diprakarsai oleh Bapak Iskandar Chang Ho dan Bapak Alfred L. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi muslim Tionghoa pada organisasi PITI, strategi dakwah organisasi PITI, faktor pendukung dan penghambat dakwah PITI di Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif merupakan metode penelitian dengan cara melalui mengunggapkan dan mengambarkan fakta-fakta yang terjadi dari hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, data sekunder, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data dianalisis lalu ditarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi organisasi yaitu teori sistem sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pusat kegiatan organisasi PITI di kota Salatiga bertempat di Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga dengan jumlah anggota kurang lebih 50 sampai 75 orang. 2) Strategi dakwah PITI di Kota Salatiga adalah dengan menggunakan beberapa metode dakwah yang disesuaikan dengan kebutuhan mad’u. 3) Faktor pendukung dakwah PITI adalah keaktifan anggota PITI dalam kegiatan-kegiatan dakwah PITI baik secara langsung maupun dakwah melalui youtube dan kemudahan keturunan muslim Tionghoa dalam belajar tentang agama Islam. Sementara faktor penghambat dakwah PITI Salatiga adalah kurang aktif anggota dalam kegiatan dakwah PITI dan objek dakwah yang sulit menerima dakwah Islam khususnya Tionghoa non muslim yang masih memikirkan tentang kekayaan dunia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 13:59
Last Modified: 12 Sep 2019 13:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item View Item