PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada BMT Tumang cabang Salatiga)

prayitno, (2015) PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Pada BMT Tumang cabang Salatiga). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Prayitno_21310019.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Bauran Pemasaran merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu dengan cara mengkombinasi unsur-unsur bauran pemasaran yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi. Karena semakin kuatnya persaingan, maka BMT pun harus memperhatikan hal-hal yang mampu meningkatkan loyalitas nasabah, sehingga dengan terciptanya loyalitas nasabah akan terjaga keberadaan BMT dan perkembangan kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adakah pengaruh masing-masing variabel bauran premasaran terhadap loyalitas nasabah BMT Tumang dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang berpengaruh secara dominan terhadap loyalitas nasabah BMT Tumang. Penelitian ini dilakukan di BMT Tumang cabang Salatiga pada 5 Januari 2015 sampai 5 februari 2015 dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, adapun jumlah sampelnya sebanyak 90 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier beganda penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri atas Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), dan Promosi (X4) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif. Di mana persamaan regresi Y = -2,033 + 0,267 Produk + 0,336 Harga + 104 Lokasi + 0,408 Promosi. Selain itu, dengan uji F dilihat bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 atau 0%. Namun berdasarkan uji parsial (t), ada variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah yaitu dengan tingkat signifikan untuk Produk sebesar 0,003, Harga sebesar 0,013, dan Promosi sebesar 0,000%. Sedangkan Lokasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah yaitu dengan tingkat sugnifikan sebesar 0,383. Adapun variabel yang paling dominan di BMT Tumang cabang Salatiga adalah variabel promosi. Karena dengan adanya promosi melalui penyebaran brosur, media cetak, pemberian hadiah akan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dan saran penulis terhadap BMT Tumang cabang Salatiga adalah agar untuk mempertahankan promosi pada saat ini sehingga nasabah akan loyal.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 06:33
Last Modified: 26 Feb 2016 06:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item