Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKN Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan strategi Inquiring Minds Want To Know kelas IV MI Tamrinul Ulum Jetis Kecamatan Susukan Tahun Pelajaran 2019.

YULIYANTI, VINA (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKN Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan strategi Inquiring Minds Want To Know kelas IV MI Tamrinul Ulum Jetis Kecamatan Susukan Tahun Pelajaran 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
oke.jadi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran PKn di MI Tamrinul Ulum Jetis desa gentan kecamatan susukan kabupaten Semarang belum menggunakan strategi pembelajaran Aktiv. Salah satunya dalam penggunaan Strategi Inquiring Minds Want To Know. Hal tersebut membuat siswa masih terlihat pasif dan masih terlihat membosankan sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran terutama pada mata pelajaran PKN tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dari hasil observasi pertamakali nilai siswa belum mampu mencapai KKM sekolahan yang telah ditetapkan 70. Rumusahan masalah peneliti ini adalah Apakah penerapan strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PPKN) Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dapat melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siswa kelas IV Tamrinul Ulum Jetis Kecamatan Susukan tahun pelajaran 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan di terapkannya strategi Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan dapat melampaui KKM yang telah di tentukan di MI Tamrinul Ulum Jetis Desa Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Tamrinul Ulum Jetis kecamatan Susukan Kabupaten Semarang yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Lembar penilaian yang di lakukan yaitu tes tertulis, lembar observasi, dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil dari strategi Inquiring Minds Want To Know pada mata pelajaran PKN Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dilihat dari data yang pada awalnya sebelum menggunakan strategi Inquiring Minds Want To Know siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 4 siswa (25%) dengan nilai rata-rata 56,18 kemudian pada siklus I setelah menerapakan Strategi Inquiring Minds Want To Know siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 6 siswa (37,5%) dengan nilai rata-rata 62,5 kemudian pada siklus II siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 11 siswa (68,75%) dengan nilai rata-rata 69,4 kemudian pada siklus III siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 13 siswa (81,25%) dengan nilai rata-rata 81,87. Hal tersebut belum mencapai KKM kalasikal yang telah ditentukan yaitu <85%. Kesimpulannya adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Strategi Inquiring Minds Want To Know MI Tamrinul Ulum Jetis Tahun pelajaran 2019 dikatakan kurang berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 06:20
Last Modified: 13 Sep 2019 06:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item View Item