Royani, Rina (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MELALUI METODE VISUAL (LEARNING BY OBSERVING AND PICTURING) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP N 6 SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
yes.jadi1.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Royani, Rina. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Alat Optik Melalui Metode Visual (Learning By Observing and Picturing) pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar ipa, cahaya dan alat optik, metode visual (learning by observing and picturing) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi cahaya dan alat optik melalui metode visual (Learning By Observing and Picturing) pada siswa kelas VIII E SMP N 6 Salatiga. Pertanyaan yang akan di jawab dalam permasalahan ini adalah, apakah penerapan metode visual (Learning By Observing and Picturing) dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA materi cahaya dan alat optik pada siswa kelas VIII E semester 2 SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumumpulan data meliputi tes yang berupa soal. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan peningkatan kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Hasil yang diperoleh peneliti adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui metode visual (Learning By Observing and Picturing) pada materi cahaya dan alat optik. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini dapat dikatakan berhasil, hal ini bisa dilihat dari rata-rata nilai pra siklus sebesar 57,85% menjadi 65,18%, pada siklus I persentase peningkatan yaitu 21,42%, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dan yang belum tuntas 22 siswa dengan persentase 78,57%, kemudian siklus II rata-rata kelas mencapai 81,42% dengan persentase ketuntasan 96,42%, jumlah siswa yang tuntas 27 dan yang tidak lulus 1 orang dengan persentase 3,57%. Pada siklus II ketuntasan klasikal sudah lebih dari target yaitu 85%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 06:26 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 06:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5834 |
Actions (login required)
View Item |