PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (TELAAH BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X, XI, XII KURIKULUM 2013)

Nurhayati, Evi (2019) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (TELAAH BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X, XI, XII KURIKULUM 2013). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi september 19 word.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhayati, Evi. 2019. Pendidikan Multikultural (Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kurikulum 2013). Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Muh. Saerozi, M.Ag. Kata kunci: Multikultural, Buku Ajar, Pendidikan Agama Islam, SMA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan 1). Bagaimana pendidikan multikultural dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada tingkat SMA? 2). Bagaimana Relevansi Isi tentang multikultural dalam buku ajar pada era kontemporer? Jenis Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kepustakaan/library reseacrh, yaitu data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka. Dalam menghimpun data, penelitian ini mendapatkan dari dua macam sumber, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan konsep multikultural kemudian digunakan untuk menganalisis isi buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terbitan dari Kemendikbud ini mengandung pendidikan multikultural di dalamnya yang mana hal tersebut dikombinasikan dengan nilai Agama Islam dan Budi Pekerti yang baik. Nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku ajar relevan dengan era kontemporer dan juga konteks Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika. Pendidikan multikultural penting dihadirkan untuk mengajak menciptakan suasana damai dan menghindari kekerasan dengan cara hidup rukun. Di dalam proses pendidikan keislaman harus diberi pemahaman multikultural agar mampu menjembatani kesenjangan antara Idealitas Islam dan realitas di tengah himpitan budaya global.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 13:46
Last Modified: 13 Sep 2019 13:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5836

Actions (login required)

View Item View Item