PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SIFAT-SIFAT BENDA DENGAN METODE MODELING THE WAY DAN PERMAINAN RODA FANTASTIK PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL AULAD TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Handayani, Lydia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SIFAT-SIFAT BENDA DENGAN METODE MODELING THE WAY DAN PERMAINAN RODA FANTASTIK PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL AULAD TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LYDIA HANDAYANI 23040150008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Handayani, Lydia. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Benda dengan Metode Modeling The Way dan Permainan Roda Fantastik Pada Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor Pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Modeling The Way, Roda Fantastik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor yang dilatarbelakangi pada saat observasi rendahnya hasil belajar siswa dengan terbuktinya banyak yang belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan sebagian siswa masih belum dapat menguasai materi. Metode modeling the way dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan metode modeling the way dan permainan roda fantastik dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi sifat-sifat benda pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat benda dengan metode modeling the way dan permainan roda fantastik pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor yang berjumlah 27 siswa meliputi 13 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian soal tes dan lembar observasi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi. Data dianalisis secara statistik melakukan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menujukkan bahwa metode modeling the way dan permainan roda fantastik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang tahun 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 44,55%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 55,55% siswa tuntas belajar dan siklus II 100% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 14:48
Last Modified: 13 Sep 2019 14:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item